Home > Menubar > Spirit & Etos Kerja, apa itu ?

Spirit & Etos Kerja, apa itu ?

May 16, 2013

Pengantar :

Suatu ketika saya memang pernah bertanya dalam hati :

Kita ini dibayar untuk bekerja atau kita bekerja untuk dibayar …? Karena terus terang didalam keseharian dan pengamatan dilingkungan kerja apakah sudah ada dimiliki etos kerja ini ..?

 

Etos Kerja adalah seperangkat perilaku positif yang berakar pada kesadaran yang nyata, keyakinan yang mantap, dan komitmen yang teguh pada sehimpunan nilai-nilai, prinsip-prinsip, paradigma dan wawasan yang komprehensip. Jelaskah ….? Kenapa Etos penting…..? Studi Sosiologi dan manajemen telah menunjukkan bahwa pada tingkat fundamental, keberhasilan perusahaan / organisasi ditentukan oleh etos kerja warganya yang tampil dalam bentuk perilaku dan budaya kerja mereka yang khas. Mari kita tengok materi berikutnya.

 

Materi :

1. Kenapa kita harus bekerja ? kita adalah homo faber, kita diciptakan untuk bekerja dan orang yang rajin bekerja insya Allah berumur panjang.

 

2. Dari sekumpulan etos kerja yang saya sampaikan dibawah ini, manakah etos kerja orang Indonesia…?, etos kerja orang Jepang…? dan etos kerja orang Jerman  …?

a. Bertindak rasional

b. Bersikap benar dan bertanggung jawab.

c. Bekerja keras.

d. Memandang kerja sebagai beban dan sebuah keterpaksaan.

e. Banyak tuntutan.

f. Menjaga martabat dan kehormatan.

g. Mengabdi dan loyal

h. Menabung dan berinvestasi

i. Murah hati dan mencintai

 

3. Etos kerja muncul darimana ….? ternyata etos kerja tidak secepat membalik telapak tangan, perlu waktu dan proses. Dimulai dari kesadaran seseorang menemukan arti dari pada hidup ini dan kenapa dia harus kerja, kemudian timbul motivasi untuk maju à lahir keyakinan, niat dan komitmen à terjadi perubahan sikap dan perilaku yang menuju ke etos tersebut.

 

4. Perubahan-perubahan menuju ke etos kerja tersebut bersumber darimana …? bisa dari baca buku, lihat teman, dari khotbah, seminar, lihat film, dari saudara, karena musibah dan bisa dari merenung.

 

5. Ibarat rumah, ternyata etos kerja itu memiliki bangunan seperti : pondasi ( tulus dan penuh syukur ), pilar kiri ( Integritas & dedikasi ), pilar kanan ( panggilan sepenuh hati ), penahan atap ( potensi dan aktualisasi ) dan atap ( prima pariprna ).

 

6. Etos kerja yang telah dimiliki seseorang akan mambawa sukses dan bahagia. Apa itu sukses dan bahagia ….? Sukses adalah tercapainya segala keinginan, cita-cita, dan kemauan dari seseorang. Lantas bahagiakah …? Bahagia adalah apabila apa yang dicapai dari sukses tersebut dinikmati dan bisa dirasakan atau dimanfaatkan.

 

7. Golden Rule, apa itu …?

a. Lakukan pada orang lain apa yang ingin orang lain lakukan ( yang baik-baik ) padamu.

b. Jangan lakukan pada orang lain ( yang buruk-buruk ) apa yang kamu tak ingin orang lain lakukan padamu.

d. Lakukan pada orang lain ( yang baik-baik ) apa yang mereka ingin kamu lakukan meskipun mereka tidak melakukan apa yang kamu inginkan.

e. Jangan lakukan pada orang lain ( yang buruk-buruk ) apa yang mereka tak ingin kamu lakukan meskipun mereka melakukan apa yang tidak kamu inginkan padamu.

 

8. Didalam lingkungan kerja dengan kondisi yang ada dan kekurangannya hanya ada 2 pilihan : mencintai pekerjaan atau mengeluh setiap hari ( bisa sakit stress dan sakit-sakit yang lain )

 

9. Kerja ( jabatan, pelanggan, anak buah, asset-perkakas, dan fasilitas kerja ) itu amanah jadi jangan disalah gunakan karena urusannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.

 

10. Pekerjaan dan teampat kerja merupakah saranah ibadah, jadi yakinkan diri ini selalu berhadapan dengan Tuhan Yang Maha Esa.

 

11. Jadikanlah pekerjaan anda sebagai panggilan profesi ( bukan keterpaksaan ) agar dapat melaksanakan dengan sepenuh hati.

 

12. FEAR ( False Evidence Appearing Real ) adalah tanda-tanda palsu yang nampak nyata dan menghambat potensi aktualisasi kita ditempat kerja. Apa itu :

a. Perasaan takut / kuatir

b. Stigma Killer

c. Banyak Alasan

d. Percaya mitor-mitor.

 

13. Rasa takut didalam etos kerja ternyata mampu menguras 50% kemampuan kita, tetapi bila kita mampu mengatasi rasa takut tersebut kemampuan kita akan berlipat ganda menjadi 150%.

 

14. Stigma Killer yang selalu kita terima dalam keseharian ditempat kerja seperti : pasti gagal, rasanya sulit, kayaknya tidak mungkin dll akan bisa kita hindari dengan cara menjaui orang-orang atau kelompok orang atau komunitas yang membuat ambisi / semangat kerja menurun.

 

15. Mitos-mitos yang menghambat prestasi dalam bekerja :

a. Prestasi butuh pengorbanan.

b. Prestasi butuh pendidikan tinggi.

c. Prestasi butuh peluang / kesempatan.

d. Prestasi butuh koneksi.

 

16. Prinsip 101%, apa itu : ” Temukan satu hal yang anda percayai merupakan aset / potensi terbesar anda, dan kemudian berikan dorongan 100% untuk membangunnya ” ( John C.Maxwell ).

 

17. Menjadi manusia positif, apa itu ?

a. Memiliki pikiran positif

b. Perkataan dan berkata positif.

c. Melakukan reaksi dan kendali tubuh yang positif ( bisa menahan diri / kontrol diri )

d. Bergaul yang positif

e. Melakukan kebiasaan-kebiasaan yang positif.

 

18. Prinsip 10/90. Apa itu ..? 10% dari hal-hal yang terduga yang kita alami dan tidak menyenangkan adalah diluar kendali kita, 90%-nya adalah tindakan didalam kendali / kontrol kita sebab itu lakukan reaksi positif.

 

19. Menjadi apa anda 5 tahun kedepan ditentukan oleh buku apa yang anda baca dan dengan siapa anda bergaul.

 

20. Setiap orang memiliki sisi gelap ( kebiasaan dan sikap buruk ) dalam hidupnya. Jika tidak bisa dihilangkan, kurangilah semaksimal mungkin kebiasaan buruk tersebut. Sikap dan kebiasaan positif mengarahkan kita pada jalan bebas hambatan.

 

21. Menjadi Maestro Kerja. Bagaimana kiat-kiatnya …?

a. Jangan berhenti untuk mencari tahu dan keingin tahuan anda terhada segala sesuatu.

b. Jadilah yang beda dari umumnya dan yang memberi manfaat.

c. Berpikirlah tidak pada umumnya untuk mendapatkan terubusan-terobosan ( terarah dan target goal ).

d. Menjadi ekstrimis yang bermanfaat bagi semua orang.

e. Menembus batas dari keterbatasan.

 

22. Orang yang memelihara pekerjaannya dengan baik – pekerjaannya juga akan memelihara orang itu dengan baik.

 

Categories: Menubar